Sabtu, 22 Desember 2012

PERBEDAAN LAPTOP DENGAN KOMPUTER

Hello bro,,, masih banyak diantara kita semua belum tahu tentang perbedaan laptop dengan komputer, memang sepintas pasti beda namun kita sendiri belum tau dimana letak perbedaan tersebut.
nah sekarang coba saya (Ryan Febry Herwanto) sedikit berbagi info buat temen-temen yang mungkin butuh informasi.

Dulu, komputer punya arti dan fungsi yang sangat penting bagi orang yang bekerja, terutama untuk membantu dalam pengolahan data serta hal lain yang berhubungan dengan kecepatan serta ketelitian. Namun, saat ini fungsi tersebut mulai tergeser oleh kehadiran benda hasil teknologi modern lain yang bernama laptop.
Sebenarnya antara komputer dengan laptop punya fungsi yang sama. Demikian pula dengan alat alat yang digunakan. Meski sekarang tingkat kepopulerannya lebih tinggi, namun sebenarnya laptop juga tidak sepenuhnya bisa menggantikan kedudukan dari benda sebelumnya itu.
Karena ada beberapa hal yang dipunyai oleh komputer, namun tidak terdapat di dalam laptop. Demikian sebaliknya, ada kelebihan yang dimilki oleh laptop dan tidak bisa ditemukan pada pendahulunya tersebut. Hal ini kadangkala membuat masyarakat jadi bingung dalam menentukan pilihan, terutama ketika mau membeli. Apakah dia sebenarnya membutuhkan laptop atau yang satunya.
Melihat keterangan yang telah diuraikan di atas, sebenarnya kebingungan yang timbul tidak perlu terjadi. Karena, antara laptop dan komputer masing masing punya kegunaan serta fungsi tersendiri. Juga, punya kelebihan serta kekurangan yang kadang cukup mencolok. Sehingga bila sudah mengetahui tujuan serta keperluan yang dibutuhkan, maka masyarakat tentu tidak perlu menghadapi masalah seperti ini lagi.



Berikut ini beberapa perbedaan mencolok yang dipunyai oleh laptop dan komputer.

1. Sistem perakitan
Pada umumnya komputer yang beredar di Indonesia adalah hasil rakitan dalam negeri. Ini akan memudahkan konsumen untuk membeli sesuai dengan keperluannya. Demikian pula jika ingin mengubah atau mengganti spesifikasinya (up grade). Sedangkan untuk laptop hampir semuanya didatangkan ke Indonesia dalam kondisi yang sudah dirakit (bulit up). Sehingga konsumen akan kesulitan jika ingin mengganti spesifikasi sesuai yang diinginkan.

2. Harga
Untuk masalah ini terdapat perbedaan yang cukup mencolok. Karena meski punya spesifikasi yang sama, harganya bisa terpaut cukup jauh. Harga komputer jauh lebih murah dibanding dengan harga sebuah laptop. Bahkan harganya bisa selisih dua kali lipat.

3. Kemampuan kerja
Pada umumnya komputer lebih mampu untuk melakukan pekerjaan yang kadangkala laptop tidak mampu. Ini berhubungan dengan kecepatan serta besarnya ruang data yang dibutuhkan. Untuk masalah ini, laptop posisinya berada di bawah.

4. Energi yang dibutuhkan
Kalau untuk masalah ini, komputer membutuhkan energi yang lebih besar bila sedang digunakan. Jadi, daya listrik yang dibutuhkan juga harus lebih kuat. Sementara untuk laptop, energi listrik yang dibutuhkan relatif lebih irit, sehingga dana untuk membayar ongkos ini juga jauh lebih murah.

5. Kepraktisan
Ini juga merupakan perbedaan yang cukup mencolok. Komputer tidak bisa dibawa ke mana-mana, karena ukurannya yang begitu besar serta memang didesain untuk ditempatkan di rumah atau kantor saja. Sedangkan laptop, lebih praktis karena ukurannya juga lebih kecil. Sehingga bila dibutuhkan benda ini bisa dibawa kemana saja.

6. Keawetan
Sebenarnya untuk masalah ini sangat tergantung pada pemakainya. Namun demikian, menurut pengalaman yang sudah ada, keawetan komputer lebih terjamin dibanding dengan laptop. Sedangkan untuk perawatannya sama saja, butuh ketelitian dan kedisiplinan dari pengguna.


nah itu dia perbedaan laptop dengan komputer, siapa tau bisa membantu temen-temen yang lagi bingung mau beli laptop atau komputer.
sekian dari saya kurang lebihnya mohon maaf.


salam hangat bagi kita semua.
Assalamualaikum wr.wb
RYAN FEBRY HERWANTO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar