Sabtu, 17 November 2012

HUBUNGAN MANUSIA DENGAN KOMPUTER





                       Komputer sekarang sudah menjadi hal yang tidak dapat terpisahkan dengan kehidupan manusia, hal itu dikarenakan separuh dari pekerjaan manusia dimudahkan dengan bantuan komputer. Hal tersebut bukan hanya terjadi dikalangan orang dewasa tetapi merata secara umum, yaitu terjadi pada anak-anak yang sangat membantu untuk mengembangkan pengetahuan secara global mulai dari logika sampai pada pengembangan ide kreatif.

Banyak orang yang mengenal komputer hanya sebagai sebuah peralatan elektronik yang memiliki kemampuan untuk mempermudah manusia dalam mengerjakan segala pekerjaan yang berhubungan dengan elektronik. Tetapi komputer juga merupakan sekumpulan alat yang terhubung sehingga dapat berkerjasama untuk mengoptimalkan pengoperasian komputer tersebut. Maka dari itu kegunaan dari alat-alat tersebut akan dijelaskan sesuai dengan kegunaan organ-organ tubuh pada manusia, agar mudah dipahami.
Motherboard merupakan pusat sumberdaya yang mengatur kerja semua komponen yang terhubung, selain itu Motherboard juga mengatur pemberian daya listrik pada setiap komponen PC (komputer), Kegunaannya hampir sama dengan Tengkorak Manusia. Dimana tengkorak memiliki fugsi sebagai penyatuh organ-organ tubuh yang berada d kepala dengan mengunakan sel saraf sebagai penghubung.

Processor adalah otaknya sebuah komputer, dan dia berfugsi sebagai komponen yang bertugas mengeksekusi instruksi. Kegunaannya sama dengan Otak Depan manusia. dia merupakan bagian otak yang membedakan manusia dengan binatang, dia memiliki kemampuan berpikir, analisa, logika, bahasa, kesadaran, perencanaan. Kecerdasan intelektual atau IQ Anda juga ditentukan oleh kualitas bagian ini. Memory (RAM/ROM) dan Hardisk memiliki kegunaan yang hampir sama yaitu merupakan tempat untuk menyimpan data yang akan atau sedang diolah sistem komputer. Dalam hal ini Otak Kecil Manusia memiliki kesamaan yang berfunsi mengontrol diantaranya: mengatur sikap atau posisi tubuh, mengkontrol keseimbangan, koordinasi otot dan gerakan tubuh. Otak Kecil juga menyimpan dan melaksanakan serangkaian gerakan otomatis yang dipelajari seperti gerakan mengendarai mobil, gerakan tangan saat menulis, gerakan mengunci pintu dan sebagainya. VGA card atau kartu grafis adalah sebuah alat yang berfungsi untuk memproses dan menghasilkan output gambar. Seperti selayaknya mata Manusia yang merupakan.
Dan itulah beberapa kegunaan Komponen Komputer yang berhubungan dengan Organ-organ manusia, sehingga hubungan antara komputer dengan manusia tidak sangatlah dekat bukan hanya pada bagian saling membantu satu sama lain. tetapi mereka punya kesamaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar